Dunia tulis menulis sudah eksis sejak zaman prasejarah hingga kini, ditambah kemajuan teknologi yang semakin mutakhir memunculkan banyak sekali jenis dan model tulisan, terkadang dari sebuah tulisan bisa menjadi sumber pendapatan seperti profesi yang bergerak pada bidang jasa penulis artikel seo
Menulis merupakan perkara yang sederhana dan sangat mudah, namun juga bukan berarti tidak ada kendalanya. Ada beberapa masalah yang membuat seseorang tidak bisa menulis atau kesulitan menuangkan idenya dalam bentuk tulisan. Masalahnya sangat bergantung mulai dari ringan hingga kompleks. 

Masalah Utama yang Membuat Orang Sulit untuk Mengawali Tulisan 

Mood

Mood atau suasana hati sangat berpengaruh dalam kualitas serta kuantitas tulisan seseorang yang berkecimpung dalam dunia jasa pembuautan artikelSaat moodnya sedang bagus menulis terasa sangat menyenangkan dan mudah dilakukan, seakan-akan ide terus mengalir begitu saja, dan selesai tepat waktu bahkan sebelum deadline. Namun ketika mood sedang buruk, jangankan untuk memunculkan ide yang segar, semangat untuk menulis saja sudah padam. 

Ragu-ragu 

Setiap akan mengawali suatu kegiatan tidak boleh ada kata ragu, berlaku juga dalam hal menulis. Tuangkan saja semua ide yang anda pikirkan, baru kemudian diolah dan ditata rapi agar enak dibaca. Terlalu banyak pertimbangan, ragu apakah tulisannya benar atau belum, cemas, dan takut sebelum memulai justru menjadi penghambat terbesar bagi tulisan anda, alhasil tulisan anda terus tertunda. 

Kurang wawasan 

​​​​​​Menulis juga membutuhkan sebuah pengalaman, semakin banyak pengalaman yang dimiliki membuat tulisan juga semakin mudah, pengalaman tidak hanya seputar berapa lama anda menulis melainkan juga membaca berita dan melihat gaya penulisan orang lain. 
Teruntuk para profesional yang bergelut di ranah jasa artikel seo memiliki pengalaman merupakan bekal dasar sebelum menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Ketika anda minim wawasan akan sulit ketika menemukan sebuah tema yang asing didengar. Perbanyak membaca agar pengetahuan anda semakin banyak.

Malas

Malas merupakan sifat dasar manusia yang dimiliki oleh setiap orang. Malas merupakan saat dimana anda tidak mau dan tidak ingin mengerjakan sesuatu. Ketika malas sedang berkunjung niat anda untuk menulis pasti tertunda, hal inilah yang membuat anda sulit untuk mengawali tulisan. Berfikir nanti saja, sebentar lagi, hingga tanpa sadar waktu pengumpulan datang. Tulisan yang dibuat terburu-buru tentu memiliki kualitas yang kurang baik.